Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Bisnis ➤
Aspekpasar merupakan salah satu aspek yang berkenaan mengenai kondisi pasar dari bidang usaha yang di jalankan, dan merupakan urutan pertama bila akan menyusun suatu laporan Studi Kelayakan Bisnis. Namun dalam praktiknya pengertian pasar dapat lebih luas lagi. Artinya pembeli dan penjual tidak harus bertemu disuatu tempat untuk melakukan transaksi, tetapi cukup melalui sarana elektronik seperti, faksimili atau melalui internet.
beberapa pertanyaan yang mendasar mengenai aspek pasar pada bisnis atau usaha yang akan di jalankan Pertanyaan yang mendasar :
1. Berapa market potensial yang tersedia.
Untuk mengetahui berapa market potensial yang tersedia maka dapat menggunakan informasi yang telah lalu, dengan kata lain sang pemilik usaha sebelum membuka usahanya harus terlebih dahulu melakukan perbandingan dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan usaha yang akan akan di lakoninya.
2. Berapa market share yang tersedia dari seluruh pasar potensial.
Untuk mengetahui ini maka dapat melakukan pengamatan siapa saja yang bisa atau mungkin dapat membeli produk yang dihasilkan, dengan mengetahui perbandingan yang ada di dalam market potensial.
3. Strategi pemasaran yang akan di gunakan.
Untuk melakukan strategi pemasaran dapat menggunakan strategi Marketing Mix yang di titik beratkan kepada Product Life Cycle atau keberlangsungan hidup produk yang di hasilkan, ini ditujukan karena bila sebuah usaha sudah menjadi dominan maka tidak berarti tidak ada pesaing, justru sebaliknya, pasti akan ada pesaing, dan kalau pesaing ini di biarkan maka jika terdapat kesalahan dalam pemasokan dari perusahaan yang dominan sempat mengalami keterlambatan atau hambatan, pangsa pasar yang kecil itu akan di manfaatkan oleh pesaing sebagai senjata untuk merebut market potensial dari usaha yang sudah dominan tersebut.
Data dansumber data dari aspek pasar :
• Permintaan masa lalu.
• Penawaran produk sejenis masa lalu.
• Import dan eksport untuk produk yang dihasilkan.
• Struktur persaingan.
• Motivasi, kebiasaan konsumen.
• Sumber data sekunder.
Peramalan permintaan :
Ada dua masalah yang harus dihadapi :
• Pengukuran pasar potensial saat ini dan pasar potensial yang akan datang.
• Pengukuran sebagian pasar potensial tersebut yang kira – kira dapat diraih pada saat sekarang dan yang akan datang.
Metode yang
di gunakan dalam melakukan peramalan peramalan bisa dilakukan secara subyektif dan kualitatif yaitu :
2. Secara Kualitatif :
Metoda time series.
Metoda korelasi.
Metoda input / output.
Dalam kaitannya dengan studi kelayakan suatu usaha
atau proyek, aspek pasar dan pemasaran sangat menentukan
hidup matinya suatu perusahaan. Apabila aspek pasar tidak diteliti secara
benar, bagaimana prosepeknya dimasa yang akan datang, bukan mustahil tujuan
perusahaan tidak akan pernah tercapai.
Secara khusus dalam aspek
pasar dan pemasaran bahwa tujuan perusahaan baik perusahaan dagang ataupun
jasa, untuk memproduksi atau memasarkan produknya dapat dikategorikan sebagai
berikut :
1.Untuk meningkatkan
penjualan dan laba
Dengan meningkatnya omzet penjualan, maka diharapkan keuntungan
atau laba juga dapat meningkat sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
2.Untuk
menguasai pasar
Menguasai pasar yang ada
dengan cara mempebesar market share-nya
untuk wilayah-wilayah tertentu. Peningkatan market
share dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan cara mencari
peluang baru maupun merebut market share pesaing
yang ada.
Menciptakan produk sejenis
dengan mutu yang sama tetapi harga lebih rendah dari produk utama merupakan
cara untuk mengurangi saingan dan antisipasi terhadap kemungkinan pesaing baru
yang akan masuk kedalam industri tersebut.
Dalam hal produk
tertentu,terutama untuk produk kelas tinggi. Tujuan perusahaan memasarkan
adalah untuk meningkatkan prestise produk di depan pelanggannya dengan cara
promosi atau cara lainnya seperti dengan meningkatkan mutu, selera yang sesuai
dengan keinginan konsumen.
5.Untuk
memenuhi pihak-pihak tertentu
Tujuan ini biasanya lebih diarahkan untuk memenuhi pihak-pihak tertentu
dengan jumlah yang biasanya terbatas, misalnya permintaan pemerintah atau
lembaga tertentu.
2. Pasar industrial
3. Pasar resseler dan
4. Pasar pemerintah
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang atau jasa adalah
:
- 1. Harga barang itu sendiri.2. Harga barang lain yang memiliki hubungan (barang pengganti atau barang pelengkap).3. Pendapatan4. Selera5. Jumlah penduduk.6. Faktor khusus (akses)
Pemasaran berusaha menciptakan dan mempertukarkan
produk baik barang maupun jasa kepada konsumen di pasar. Kelompok pasar terdiri dari :
1. Pasarkonsumen2. Pasar industrial
3. Pasar resseler dan
4. Pasar pemerintah
Segmentasi Pasar, Pasar sasaran, danPosisi Pasar
1.
Segmentasi
pasar (Market Segmentation)
Segmentasi pasar artinya membagi pasar
menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk
atau marketing mix yang berbeda. Variabel untuk melakukan
segmentasi terdiri dari segmentasi pasar konsumen dan segmentasi pasar
industrial. Variabel utama untuk melakukan segmentasi menurut philip Kotler,
antara lain :a. Segmentasi berdasarkan geografis (bangsa, provinsi, kabupaten, kecamatan, iklim).
b. Segmentasi berdasarkan demografis (umur, jenis kelamin, ukuran keluarga, daur hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras).
c. Segmentasi berdasarkan psikografis (kelas sosial, gaya hidup, karakteristik kepribadian).
d. Segmentasi berdasarkan perilaku (pengetahuaan, sikap, kegunaan, tanggap terhadap suatu produk).
Pasar
Sasaran (Market Targeting)
Secara umum pengertian menetapkan pasar
sasaran adalah mengevaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilih salah
satu dari segmen pasar atau lebih untuk dilayani.
Posisi Pasar (Market Positioning)
Menentukan posisi yang kompetitif untuk
produk atas suatu pasar. Tujuan penetapan posisi pasar (martket positioning) adalah untuk membangun dan mengkomunikasikan
keunggulan bersaing produk yang dihasilkan ke dalam benak konsumen.
Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
1 Strategi produk
Pihak perusahaan terlebih
dahulu harus mendefenisikan, memilih, dan mendesain suatu produk disesuaikan
dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang akan dilayani. Produk dapat berupa
barang (benda berwujud) dan jasa (tidak berwujud).
Strategi harga
Penentuan
harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga merupakan
salah satu penyebab laku tidaknya produk yang ditawarkan. Salah dalam
menentukan harga akan berakibat fatal terhadap produk yang ditawarkan dan
berakibat tidak lakunya produk tersebut dipasar.
Strategi Lokasi Dan Distribusi
Penentuan lokasi dan
distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung menjadi sangat penting, hal
ini disebabkan agar konsumen mudah menjangkau setiap lokasi yang ada serta
mendistribusikan barang dan jasa.
Strategi
Promosi
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir. Dalam kegiatan ini perusahaan berusaha
untuk mempromosikan seluruh produk atau jasa yang dimilikinya baik langsung
maupun tidak langsung. Paling tidak ada empat macam sarana promosi yang
digunakan oleh setiap perusahaan dalam mempromosikan baik produk maupun
jasanya.
Cara
Mengestimasi Pasar
Untuk
mengetahui besarnya pasar nyata, potensi dasar dan total pasar dalam suatu
wilayah perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu. Penelitian dilakukan untuk
memperoleh data, baik dengan metode yang relevan seperti melalui survei,
kuesioner atau dengan mengumpulkan data skunder dari berbagai sumber. Kemudian
untuk mengetahui pasar nyata dan pasar potensi dapat digunakan beberapa metode
antara lain metode pendapat, metode eksperimen dan metode survei.
[ Review : Wahid Maharon Yopan ]
Uploaded : November 2019
Kata kunci : Aspek Pasar dalam Studi Kelayakan Bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar