PENDEKATAN UMUM DALAM PERUMUSAN TEORI AKUNTANSI


PENDEKATAN UMUM DALAM 

PERUMUSAN TEORI AKUNTANSI



Pelajari secara lengkap mengenai Akuntansi

Akuntansi sering dihadapkan pada berbagai masalah yang menyangkut transaksi yang memerlukan Interprestasi atau analisis khusus seperti analisis Ekonomi, sosial, hukum,  Statistik, dan Politik.  

AKUNTANSI SEBAGAI IDEOLOGI 

Istilah ideologi dipergunakan dalam arti yang bermacam macam. Istilah ideologi adalah sebuah kata yang terdiri  " ideo" dan "logi". Kata "ideo" atau " gagasan". Kata kerja dalam bahasa Yunani Oida yang berarti mengetahui, melihat dengan budi. Ideologi mempunyai fungsi penting, yaitu menanamkan keyakinan atau kebenaran perjuangan kelompok atau kesatuan yang perpegang teguh pada ideologi itu. Maka ideologi menjadi sumber insprirasi dan sumber cita cita hidup bagi para warganya, khususnya para warganya yang masih muda.

Akuntansi telah dipandang sebagai Fenomena ideologis sebagai sarana untuk mendukung dan melegitimasi tatanan sosial, Ekonomi, dan Politik saat ini. Karl Marx menegaskan bahwa akuntansi melakukan suatu bentuk dan  menjadi sarana untuk mengaburkan bukan mengungkapkan sifat sesungguhnya dari hubungan hubungan sosial yang membentuk usaha produktif.

AKUNTANSI SEBAGAI BAHASA 

Menurut Hawes dalam Belakoui (2006) yaitu : Simbol manusia bukanlah tanda tanda yang disusun secara acak yang mengarahkan kepada konseptualisasi referensi yang terisolasi dan terpisah. Simbol manusia disusun dalam suatu tata cara sistematis atau terpola dengan aturan khusus yang mengatur penggunaannya. Susunan simbol ini disebut suatu bahasa, serta aturan yang memengaruhi pola dan penggunan simbol membentuk tata bahasa tersebut.

AKUNTANSI SEBAGAI CATATAN PERISTIWA YANG LALU

Bagi pemilik maupun pemegang saham catatan akuntansi menyediakan sejarah pertanggung jawaban manejer atas sumber  sumber daya yang disediakan pemilik. Pengukuran konsep pertanggung jawaban telah dilakukan dari waktu ke waktu hal ini bisa dibedakan dalam empat periode :

1. Periode Pure Custodial

2. Periode Traditional Custodial

3. Periode Asset- Utilization

4. Periode Open- Ended

 

AKUNTANSI SEBAGAI REALITAS EKONOMI SAAT INI

  Akuntansi juga dipandang sebagai cara untuk menggambarkan realitas ekonomi saat ini. Argumen Utama yang mendukung pandangan ini adalah bahwa baik neraca maupun laporan laba rugi seharusnya didasarkan pada taksiran yang menggambarkan realitas ekonomi saat ini dari pada biaya historis. 

 AKUNTANSI SEBAGAI KOMODITAS

Dipandang sebagai komoditas yang dihasilkan dari suatu aktivitas ekonomi. pandangan ini muncul disebabkan adanya permintaan informasi khusus dan para akuntan memiliki kemampuan untuk permintaan tersebut. Pemilihan Informasi akuntansi dan atau  teknik akuntansi selanjutnya memilik pengaruh terhadap kesejahteraan berbagai kelompok masyarakat.

HAKIKAT TEORI AKUNTANSI

Teori menjadi landasan utama dari setiap memahami ilmu pengetahuan. Disiplin ilmu akuntansi yang berkembang saat ini juga dibentuk oleh teori  teori yang membangunnya. Tujuan utama dari teori akuntansi adalah memberikan dasar bagi peramalan dan penjelasan perilaku serta peristiwa akuntansi. Teori didefisinikan sebagai suatu himpunan pengertian ( construct atau Concept )  yang saling berkaitan, batasan, serta proposisi yang menyajikan pandangan sistematis tentang gejala gejala dengan tujuan utama menjelaskan serta meramalkan gejala tersebut. 

TEORI SEMANTIK

Semantik adalah bagian dari struktur bahasa yang berhubungan dengan makna ungkapan dan dengan struktur makna suatu bicara. Makna adalah pembicara pengaruhi satuan bahasa dalam pemahaman persepsi serta perilaku manusia atau kelompok. Makna kata merupakan bidang kajian yang dibahas dalam ilmu Semantik.

TEORI PRAGMATIK

Pragmatik adalah sebagai salah satu bidang ilmu linguistik mengkhususkan  pengkajian pada hubungan antara bahasa dan konteks tuturan. Pragmatik adalah studi perihal ilmu bahasa yang mempelajari relasi relasi antara bahasa dengan konteks tuturannya. Pragmatisch dari bahasa latin bermakna pandai berdagang atau di dalam bahasa yunani Pragmatikos artinya perbuatan dan berbuat.


Persamaan Neraca biasanya dinyatakan :

Asset = Liabilitas + Ekuitas Pemilik

 

Persamaan Profit akuntansi biasanya dinyatakan :

Profit Akuntansi = Pendapatan - Biaya 

 

 

Ada beberapa Pengujian teori akuntansi secara langsung yaitu :

 

Sistem Akuntansi Perusahaan X

                           

 Model Prediksi terhadap Pengguna

                            

Model Keputusan Terhadap Pengguna

 

 

  PENDEKATAN DEDUKTIF

Dapat digambar perumusan teori diawali dari pemakaian logis dari masalah yang sedang dianalisis yaitu :

 

TEORI → HIPOTESIS →OBSERVASI →KONFIRMASI

 

 

 

 

 

 

 Belajarlah setinggi langit

Sumber [ TEORI AKUNTANSI ACCOUNTING  THEORY, Arfan Ikhsan, prihat Asih, Muhammad Yamin Noch, Nurna Aziza, Husaini, Sukma Lesmana, Puguh Setiawan 2018 ]

Review : Wahid Maharon Yopan 

 

 

Tidak ada komentar:

BREAKING NEWS || AKSI HEROIK TENTARA NASIONAL INDONESIA DI TIMUR TENGAH

  PENYELAMATAN TNI DI TIMUR TENGAH PENGUNGSI SURIAH HAI, GUYS SELAMAT DATANG KEMBALI KE BLOG SAYA. Kali ini kita dapat berita terbaru dengan...